Cara Menghilangkan Lelah Saat Mengemudi

| | 0 comments


Rasa lelah dan penat pasti menghinggapi para pengendara motor dan mobil. Apalagi, bila harus melakukan perjalanan jauh dan tidak mempunyai pengemudi cadangan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan tanpa harus bermalam di jalan.

Seyogyanya, ketika tubuh merasa letih dan penat di perjalanan, sebaiknya berhenti dan melakukan istirahat. itulah nasehat dari pakar kebugaran dr. Fleming Deff, Ohio University, Amerika. Menurut Deff, istirahat di rest area (tempat-tempat istirahat bagi pengemudi mobil di sepanjang jalan bebas hambatan) banyak sekali manfaatnya. Khususnya bagi tubuh yang mengalami keletihan. Dengan istirahat, otot-otot tubuh bisa mengendur kembali. Melemasnya otot, juga berpengaruh besar bagi syaraf yang sebelumnya menegang dan bisa ikut mengendur pula.

Pengenduran ini secara simultan akan mempengaruhi metabolisme dalam tubuh. Sehingga, pengemudi yang terlalu lelah gampang sekali tertidur, bahkan dalam posisi sedang duduk sekalipun. Hal yang sama, jika kondisi fisik yang sudah lelah, namun tetap juga dipaksakan, maka klimaksnya, semua otot-otot dan organ tubuh lainnya secara serempak akan berhenti bekerja atau mengendur secara tiba-tiba. Atau dengan kata lain tertidur.

Merasa mengantuk dan tertidur inilah yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya, karena antara mata, otak, dan anggota tubuh lainnya sudah tidak bisa bekerja sebagaimana adanya di dalam tubuh. Otak sudah tidak bisa lagi mengkomandoi organ-organ tersebut agar tetap bekerja.

Minum kopi atau meminum suplemen penambah energi lainnya yang banyak beredar di pasaran, bukan suatu hal yang bijaksana. Karena kafein yang ada di kopi dapat menyebabkan jantung lebih cepat berdebar, sehingga pembuluh darah menjadi ekstra keras. Sedangkan syaraf dan organ tubuh lainnya yang sudah menegang dipaksa untuk bekerja lembur pula. Pada sebagian orang yang sudah terbiasa meminum kopi, dampak tersebut tidak akan berarti karena sudah resis, tidak mempan lagi.

Begitu juga dengan minuman penambah energi yang banyak dikonsumsi para pengemudi truk trailer memang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi, beberapa zat yang terkandung dalam minuman itu, secara tidak sadar telah menjadikan tubuh sebagai rumah yang enak untuk lemak dan bisa memperkecil saluran urine yang berakibat bisa menyebabkan prostat dan batu ginjal.

Jalan terbaik bagi pengemudi yang lelah adalah istirahat. Tapi, jika terpaksa harus melanjutkan perjalanan, saat lelah dan penat menyerang, sebaiknya berhenti dan keluar dari dalam mobil atau turun dari motor. Kemudian, hirup udara bersih melalui hidung dalam-dalam, lakukanlah sebanyak 10-15 kali. Karena, semakin banyak oksigen ke dalam tubuh semakin bagus untuk membantu meringkan beban otot dan syaraf yang telah tegang.

Bukalah kedua belah tangan lebar-lebar sambil membusungkan dada beberapa kali. Lalu, lakukanlah senam kecil beberapa kali sesuai gerakan yang anda bisa, jumlah hitungan kanan dan kiri harus seimbang. Misalnya ke kanan 5 kali, kekiri 5 kali.

Setelah tubuh mulai terasa agak lemas dan lebih segar, lakukan jogging di tempat. Alas kaki sebaiknya jangan terbuat dari kulit tapi terbuat dari karet. Yang terbaik, saat jogging jangan menggunakan alas kaki sama sekali agar titik-titik syaraf yang menjadi simpul ke berbagai organ tubuh bisa tersentuh lantai, rumput atau aspal secara langsung. Lakukan hal ini selama 5 menit.

Kemudian, lakukan lompatan-lompatan kecil selama 5 menit pula. Ketika tubuh sudah mulai berkeringat, lakukan jogging secara santai dan langkah pendek, memutari mobil atau rest area selama 5 menit.

Jika merasa lapar, makanlah makan-makanan kecil atau buah-buahan dan banyak minum air putih. Hindari minuman ringan dan suplemen. Air putih sangat bermanfaat dalam membantu metabolisme dan kerja syaraf dalam tubuh. Di samping itu, tetesilah kedua belah mata dengan obat tetes mata. Karena, obat tetes mata bermanfaat untuk menyegarkan dan membersihkan mata dari kotoran atau debu yang masuk ke dalam kelopak mata. (to/mh/eramuslim)


setelah di baca, jangan lupa di share yah biar semua tau tentang informasinya...terimakasih!!


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Blog Ini Dofollow
Dilarang SPAM dan Menyisipkan Link Aktif di dalam komentar
Komentar yang tidak sesuai dengan isi postingan, tidak akan di publish!!

free web site traffic and promotion
 
© Copyright 2010. yoedhasflyingdutchman . All rights reserved | yoedhasflyingdutchman is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com