Hernia, Bisa Mengusik Kejantanan Anda

| | 2 comments


Benjolan di testis, bisa dipastikan adalah hernia atau turun berok. Kurang tepat jika hernia dikatakan hanya menyerang kalangan orang tua. Siapa saja bisa mengalami hernia, termasuk bayi sekalipun.

Hernia merupakan masuknya massa (dalam hal ini usus) ke rongga tubuh lain karena lemahnya dinding perut. Biasanya terjadi di lipat paha (hernia inguinalis) atau pusar (hernia umbilikus). Hernia di lipat paha merupakan kasus yang paling banyak ditemukan, sedangkan hernia pusar biasanya terjadi pada wanita hamil, wanita gemuk atau bayi baru lahir.

Bahkan, pada kasus tertentu, henia bisa terjadi pada mereka yang pernah menjalani operasi, luka yang sembuhnya tidak baik bisa dapat menyebabkan dinding perut lemah. Dinding perut ibarat ban mobil, ada ban luar dan dalam, kalau pada dinding dalam perut terdapat gangguan, maka akan terjadi penonjolan.

Bagaimana membedakan tumor dan hernia? Pada orang dewasa, bisa saja tonjolan itu berupa tumor. Membedakannya relatif mudah, kalau tumor, dalam kondisi apapun letaknya tidak akan berubah dan tetap menonjol, bahkan cenderung membesar. Sedangkan hernia, pada posisi berbaring akan mengecil, tapi akan membesar saat seseorang batuk atau melakukan aktifitas berat seperti angkat beban, mendorong mobil dsb.

Berdasarkan proses terjadinya, hernia dapat dibagi menjadi dua macam: bawaan dan faktor skunder. Yang dimaksud dengan bawaan adalah seseorang sudah mengalami hernia waktu janin masih di dalam kandungan,testis terdapat di dalam rongga perut, pada perkembangan berikut testis akan turun. Selama penurunan akan terjadi penonjolan akan terjadi penonjolan selaput perut sebagai lokasi testis.

Seharusnya, dalam keadaan normal, selaput yang sudah dilewati testis akan menutup. Tapi, karena suatu sebab, penutupan itu hanya di bagian atas dan tersisa di bawah. Kondisi seperti ini disebut hidrokel (pembengkakan testis yang berisi air). Kalau keseluruhan bagian tidak  menutup, baru disebut hernia.

Sedangkan faktor sekunder, seseorang memiliki faktor predisposisi (faktor skunder), misalnya memiliki dinding perut yang lemah, dan hernia terjadi ketika ia melakukan tindakan yang dapat memicu hernia misalnya batuk yang berkepanjangan atau mengangkat beban.

Hernia bisa menetap, tapi bisa juga datang dan pergi. Hernia yang terakhir inilah yang paling berbahaya karena terjepitnya usus dalam rongga. Hal ini dapat menimbulkan komplikasi yang fatal, karena usus yang terjepit tidak dialiri darah dan menjadi busuk. Akibatnya, akan terjadi infeksi fatal.

Dampak lainnya, bila hernia semakin besar dan kronis maka akan menggangu aktifitas seks. Kendati secara langsung hernia tidak akan mempengaruhi aktifitas seks karena salurannya berbeda. Namun, pada orang yang mengalami penjepitan, maka saluran darah dan salurh sperma akan ikut terjepit sehingga akan menggangu testis. Gangguan ereksi baru terjadi bila tonjolan itu membesar atau tonjolan terjadi di kedua sisi testis.

Satu-satunya jalan terbaik mengatasi hernia saat ini adalah dengan operasi. Kapan seharusnya dioperasi? sebaiknya sedini mungkin seblum terjadi komplikasi. Operasi hernia dapat dilakukan dengan beberapa cara, tapi prinsip utama tindakan operasi adalah untuk memperkuat dinding perut yang lemah.

Mitos bahwa pasca operasi hernia seseorang harus membatasi aktifitasnya, baru setelah pulih seratus persen boleh melakukan kegiatan apa saja. Mitos itu adalah tidak benar, dan jangan kuatir hernia akan muncul lagi setelah dioperasi. Jikapun hernia muncul kembali, itu semata karena teknikal problem, misalnya aja 'mesh' - semacam jaring yang terbuat dari benang jahit, diletakkan kurang tepat atau mesh kurang besar.

Untuk mencegah timbulnya hernia, sebaiknya hindari beban berat secara mendadak. Jika menderita penyakit batuk kronis, segera obati, karena batuk yang hebat dan terus menerus dapat menekan dinding perut. Biasanya makan makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran guna menghindari tindakan mengejan saat sulit buang air. Dan, lakukanlah olahraga yang dapat memperkuat dinding perut seperti sit up dan berenang. (to/ht/eramuslim)

Tags : Wacana Kesehatan, Hernia, Pengertian Hernia, Jenis Hernia, Penyebab Hernia, Dampak Hernia, Pengobatan Hernia, Pencegahan Hernia, Hernia Bisa Mengusik Kejantanan Anda


setelah di baca, jangan lupa di share yah biar semua tau tentang informasinya...terimakasih!!


2 comments:

Gank-Zone Blog said...

Makasih atas infonya sob, bermanfaat buat kesehatan.

celana hernia bayi said...

makasih banyak artikelnya gan

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Blog Ini Dofollow
Dilarang SPAM dan Menyisipkan Link Aktif di dalam komentar
Komentar yang tidak sesuai dengan isi postingan, tidak akan di publish!!

 
© Copyright 2010. yoedhasflyingdutchman . All rights reserved | yoedhasflyingdutchman is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com