Hilangkan Lemak dengan Bersepeda atau Berlari

| | 0 comments


Mau kelihatan ramping dan berisi tidak cukup hanya dengan diet. Perlu cara lainnya, yaitu dengan latihan fitness. Misalnya dengan berlari atau bersepeda. Cara murah meriah ini tidak hanya membuat tubuh kelihatan ideal tapi juga lebih sehat dan segar.

Seorang pelatih dari California, Dough Brignole A.C.E memberi saran, untuk menghilangkan lemak, diet bukan satu-satunya cara terbaik. Dan, jangan terpengaruh dengan berbagai iklan yang menawarkan program pengurangan berat badan dalam waktu singkat.

"Tidak ada jaminan bahwa dengan berpantang makan anda akan segera meluruhkan lemak yang ada dalam tubuh anda. Malah, bisa-bisa anda mudah terserang berbagai penyakit," kata Birgnole sambil mencontohnya beberapa banyak artis atau peragawati yang dipaksa untuk mengecilkan tubuhnya sehingga terlihat seperti batang sapu lidi berjalan.

"Padahal. dari segi kesehatan, hal itu sangat berbahaya. Karena setiap organ di dalam tubuh perlu asupan yang tepat dan otot perlu dilatih dengan benar supaya keseimbangan tetap terjaga," ungkap Brignole.

Menurut Brignole, ada cara mudah dan murah untuk menghilangkan lemak dan sekaligus bisa menurunkan badan, yaitu dengan bersepeda dan berlari. Jika anda mempunya stationery bike atau sepeda diam, bisa dilakukan di dalam atau beranda rumah. Caranya, setiap lima menit jumlah putaran atau genjotan sepeda harus diubah. Misalnya lima pertama dengan jumlah putaran rendah, lima menit berikutnya dengan jumlah putaran sedang; dan lima menit berikutnya dengan jumlah putaran tinggi. Tapi, jika mempunyai sepeda sungguhan itu jauh lebih baik. Anda bisa mengatur kecepatan dan medan jalanan seperti yang disukai. Hanya saja, tetap harus disamakan waktunya.

Keuntungan bersepeda di jalan, selain bisa menghirup udara pagi yang segar, juga bisa memilih jalanan untuk dilalui. Lebih baik bila ada jalan yang menanjak. Sebab, semakin berat mengayuh pedalnya semakin banyak energi yang keluar untuk membakar lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh.

Jika tidak mempunyai sepeda, bisa dengan berlari. Berlari bisa dilakukan dengan menggunakan treadmill atau berlari di udara terbuka. Keuntungan treadmill sama seperti stationary bike, bisa latihan di rumah dengan nyaman tanpa ada gangguan kendaraan yang lalu lalang. Juga, tidak perlu mengisap asap kendaraan yang menyesakkan.

Berlari, tidak hanya bisa membakar kalori tapi juga sekaligus bisa menguatkan otot-otot kaki dan anggota badan lainnya. Dengan bergerak, semua anggota badan ikut begerak. Sehingga darah dalam tubuhpun ikut mengalir.

Dalam berlari, hendaknya digunakan sepatu yang pas dengan kaki, tidak longgar dan tidak sempit. Karena, bisa mengakibatkan telapak sakit dan mudah terjadi keseleo. Begitu juga dengan pakaian, sebaiknya dikenakan yang longgar agar memudahkan keringat hasil pembakaran kalori mengalir keluar dengan cepat.

Ketika berlari yang harus diperhatikan adalah waktu, kecepatan dan model. Misalnya, 5 menit pertama dilakukan jalan ringan. Lalu, sepuluh menit dilakukan jogging dengan kecepatan rendah. Kemudian, 15 menit berlari dengan kecepatan sedang.

Jalan, jogging dan berlari dilakukan secara teratur dan berulang-ulang hingga 40 atau 50 menit. Untuk mendapatkan hasil yang baik, sebaiknya dilakukan tiap pagi. Tapi, paling tidak, minimal 2 kali seminggu, namun porsi waktu latihannya perlu ditambah menjadi 60-90 menit.

Mengurangi lemak dengan latihan seperti ini memang memerlukan waktu yang agak lama dibanding dengan cara diet, namun hasil yang dicapai jauh lebih baik. Selain membentuk badan yang ramping dan berisi dalam jangka waktu yang relatif lama, juga tubuh menjadi lebih sehat. Tapi, itu semua kembali kepada kesungguhan anda untuk melakukannya. Yang perlu diingat, bahwa segala sesuatunya itu tidak ada yang instant, melainkan harus dilakukan secara bertahap. (to/menshealth/eramuslim)


setelah di baca, jangan lupa di share yah biar semua tau tentang informasinya...terimakasih!!


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Blog Ini Dofollow
Dilarang SPAM dan Menyisipkan Link Aktif di dalam komentar
Komentar yang tidak sesuai dengan isi postingan, tidak akan di publish!!

 
© Copyright 2010. yoedhasflyingdutchman . All rights reserved | yoedhasflyingdutchman is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com