Jalan, Meningkatkan Fungsi Otak dan Antidepresi

| | 0 comments


Banyak orang belum mengetahui manfaat dari olahraga jalan. Bahkan, jalan dinilai kurang bermanfaat dan digolongkan olahraga kelas dua. Padahal, menurut penelitian, jalan sarat manfaatnya. Selama ini, para pakar  mengerti bagaimana hebatnya aktifitas fisik itu sehingga bisa melindungi tubuh. Rahasia ini baru terbuka setelah para pakar dari Universitas Harvard, Amerika, meneliti 70.000 wanita yang mempunyai kebiasaan berolahraga secara teratur.

Menurut pimpinan dari para peneliti Frank B.HU.MD dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Harvard mengatakan, meskipun mereka memiliki faktor-faktor risiko seperti kelebihan berat badan, kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi atau diabetes.

Tapi, jika melakukan jalan kaki selama empat puluh menit setiap hari akan menurunkan risiko sebanyak 40%. Suatu jumlah penurunan yang sangat signifikan. Penelitian lain menyatakan, jalan kaki lebih lama (yaitu jalan hingga 60 menit) akan lebih banyak pula manfaat perlindungannya. Jalan cepat selama 16 menit setiap hari dapat mengurangi risiko terkena diabetes sampai 50%.

Karena itu, mulailah melakukan jalan sekarang, meski usia anda sudah 60 tahun dan tidak pernah berolahraga sebelumnya. Kegiatan tersebut akan anda rasakan hasilnya, yakni merasa lebih cerdas dibanding dengan rekan seusia.

Para peneliti juga mengumpulkan 124 orang yang tidak pernah berolahraga, mereka beusia antara 60-75 tahun, dibagi dalam dua grup. Satu grup diberi latihan jalan cepat 3 hari dalam seminggu (secara bertahap dari 15 sampai 45 menit). Sedangkan grup yang lain melakukan latihan-latihan peregangan dan mengecangkan otot selama satu jam, tiga kali dalam seminggu. Setelah berlatih selama 6 bulan, grup yang berlatih jalan cepat mengalami peningkatan secara mencolok nilai-nilai yang diperoleh dari tugas-tugas dengan komputer. Sedangkan grup yang hanya melakukan senam dan peregangan tidak mengalami perbaikan nilai.

Berdasarkan penelitian, bagian otak yang bertugas mengatur berbagai macam tugas dan mengatur memori ada kecenderungan menurun lebih dulu. tetapi olahraga jalan meningkatkan aliran oksigen ke otak, sehingga dapat memperlambat penurunan ini. Olahraga jalan sebanyak 3 hari dalam seminggu dapat meningkatkan 15 persen fungsi mental. Hal ini sangat berarti bagi kehidupan manusia. Apalagi, waktu yang dibutuhkan untuk latihan ini sangat singkat. Olahraga, termasuk jalan kaki dapat bermanfaat sebagai obat. Mereka yang teratur melakukan olahraga lebih jarang mengalami depresi.

Berdasarkan penelitian yang baru-baru ini dilakukan, diketahui bahwa sekali latihan atau jalan kaki selama 30 menit dan berlatih selama 3 kali seminggu, ternyata dapat menyembuhkan depresi dan bermanfaat sebagai pengganti obat-obatan. Sewaktu diadakan penelitian terhadap 156 penderita depresi, yang berusia antara 40-56 tahun, yang sedang menjalani terapi dengan memberi obat antidepresi, jalan kaki, atau kombinasi antara keduanya, ternyata semuanya memberikan hasil yang sama. Bagi mereka yang ingin menghindari efek samping dari obat-obatan, ada cara ilmiah yang mudah dan murah, yaitu jalan kaki. Tentu saja untuk mencapai tujuan ini latihanya harus teratur dan teratur takarannya. (to/eramuslim)


setelah di baca, jangan lupa di share yah biar semua tau tentang informasinya...terimakasih!!


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Blog Ini Dofollow
Dilarang SPAM dan Menyisipkan Link Aktif di dalam komentar
Komentar yang tidak sesuai dengan isi postingan, tidak akan di publish!!

 
© Copyright 2010. yoedhasflyingdutchman . All rights reserved | yoedhasflyingdutchman is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com