Kopi Bisa Cegah Kanker Hati

| | 1 comments


Kabar gembira bagi penggemar kopi. Menurut studi terbaru di Jepang, kopi dapat menjadi pembawa berkah bagi dunia kedokteran, karena bisa membantu mencegah kanker hati.

Sebenarnya, mitos tentang si hitam yang menurut sejarah berasal dari Afrika Timur ini banyak sekali, bahkan bisa menimbulkan pro dan kontra yang berkepanjangan hingga sampai sekarang. Kalau dikumpulkan, maka orang lebih banyak mengatakan bahwa kopi lebih banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya.

Berdasarkan studi yang melibatkan lebih 90.000 orang Jepang ditemukan, orang yang minum kopi setiap hari menghadapi separuh resiko kanker hati. Menurut perkiraan Masyarakat Kanker Amerika, 18.920 kasus baru kanker hati didapati di AS tahun lalu dan sebanyak 14.270 orang meninggal akibat penyakit tersebut. Penyebabnya meliputi hepatitis, sirosis, konsumsi alkohol secara berlebihan dan penyakit yang mengakibatkan radang hati kronis.

Satu tim peneliti yang dipimpin oleh Monami Inoue dari Pusat Kanker Nasional di Tokyo menganalisis studi kesehatan masyarakat selama 10 tahun untuk memastikan bahwa penggunaan kopi oleh orang yang didiagnosis menderita kanker hati dan orang yang tak terserang kanker, dan mendapati bahwa kemungkinan serangan penyakit itu pada orang yang tak pernah atau hampir tak pernah minum kopi berjumlah 547,2 kasus per 100.000 selama 10 tahun.

Namun pada mereka yang minum kopi setiap hari, resiko itu berkisar 214,6 kasus per 100.000, kata para peneliti tersebut dalam Journal Lembaga Kanker Nasional. "Selama ini orang melihat kopi dari sisi buruknya saja, karena kopi memiliki efek diuretik sehingga membuat orang sering buang air kecil dan vitamin yang larut dalam air ikut terbuang," kata Monami. Padahal, dengan seringnya buang air kecil, hal ini akan memperkecil terbentuknya batu ginjal.

Orang yang minum teh, kopi dan wine maka pembentukan batu ginjal akan berlangsung lebih lambat dibanding mereka yang minum jus buah. Kendati jus buah memang menyehatkan, namun bagi orang yang sudah lanjut usia, jus buah yang mengandung berbagai vitamin dan mineral itu akan membuat ginjalnya bekerja lebih keras. Karena ginjal sudah kurang berfungsi dengan baik dalam mencerna vitamin dan mineral. Akibatnya, mineral-mineral tersebut menjadi batu.

Namun, para peneliti tak dapat membandingkan dampak kopi biasa dan tanpa kafein karena kopi tanpa kafein jarang dikonsumsi di Jepang. Kafein pada kopi lah yang membuat orang jadi gelisah dan itu telah diperlihatkan dalam studi lain guna meningkatkan kesiagaan mental pada banyak orang.

Di samping itu, kopi juga bermanfaat bagi penderita asma. Penelitian membuktikan bahwa penderita asma yang minum kopi cenderung jarang kambuh. Namun, kesimpulan ini masih perlu penelitian lebih lanjut, karena mekanisme hubungan antara kopi dan asma masih belum diketahui secara pasti.

"Mungkin karena kopi itu hangat sehingga tidak banyak menimbulkan banyak buang air, karena asma terkait dengan suhu makanan dan minuman yang kita makan," ungkap Monami. (to/mh/eramuslim)


setelah di baca, jangan lupa di share yah biar semua tau tentang informasinya...terimakasih!!


1 comments:

Portal Kesehatan said...

Makasih atas sharing pengetahuan kesehatannya sobat

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Blog Ini Dofollow
Dilarang SPAM dan Menyisipkan Link Aktif di dalam komentar
Komentar yang tidak sesuai dengan isi postingan, tidak akan di publish!!

 
© Copyright 2010. yoedhasflyingdutchman . All rights reserved | yoedhasflyingdutchman is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com