Tambah Berat Badan dengan Fitness

| | 2 comments


Orang berbadan kerempeng, diam-diam, merasa risih juga dengan postur tubuhnya yang seperti tiang listrik itu. Mencoba dengan memakan makanan yang berlemak, justru malah pipinya yang menjadi tembem, sedangkan badannya tetap kurus. Ternyata, fitness bisa menjadi solusinya.

Mitos yang mengatakan bahwa fitness bisa membuat mereka yang gemuk memang ada benarnya. Namun, fitness juga bisa membuat yang kurus menjadi gemuk. Hanya saja, gemuk di sini tidak berarti tubuh penuh dengan timbunan lemak seperti yang terjadi pada kebanyakan orang. Melainkan badan menjadi lebih padat dan berisi.

Caranya, adalah dengan menambah massa otot dalam tubuh. Karena, tujuan fitness secara umum untuk membuat penampilan menjadi lebih baik dan enak dilihat. Baik cara menurunkan atau menaikkan berat badan. Cara untuk menaikkan berat melalui makanan adalah dengan meningkatkan konsumsi kalori dalam tubuh terutama dalam bentuk protein dan karbohidrat.

Standar presentase yang baik adalah 50% karbohidrat, 30% protein dan 20% lemak. Jenisjenis makanan yang mengandung karbohidrat adalah: nasi, kentang, roti, gandum dan sayuran. Sedangkan protein terdapat pada putih telur, ikan, dada ayam, daging sapi tanpa lemak, susu tanpa lemak, tempe tahu dan kacang-kacangan.

Dengan melakukan latihan beban, maka massa otot di tubuh akan bertambah sehingga berat badan meningkat. Hal ini bisa dilakukan dengan latihan crunch sambil mengangkat dua dumbel ringan yang bisa dibuat dari 2 kaleng cat ukuran 1 kg yang diberi semen basah lalu diberi gagang pipa atau dua buku berat. Latihan ini akan membentuk massa otot di bahu dan perut. Serta sekaligus merampingkan pinggul.

Untuk melakukan ini, berbaringlah di lantai dan genggam dumbel seberat 2 kilo dengan tangan anda ditarik lurus ke atas. Lalu, tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat. Pada saat mengangkat bahu ke atas, pelan-pelan turunkan tangan ke depan. Sebaiknya gerakan ini memakan waktu selama 4 detik hingga tangan hampir mendekati lantai di setiap sisi pinggul. Istirahat selama 1 detik, lalu angkat tangan ke posisi awal dan lakukan sampai 10 kali pengulangan.

Readmore..
 
© Copyright 2010. yoedhasflyingdutchman . All rights reserved | yoedhasflyingdutchman is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com