Asuhan Keperawatan Pasien dengan Kehilangan

| | 0 comments


Pengertian

Kehilangan adalah suatu keadaan individu yang berpisah dengan sesuatu yang sebelumnya ada, kemudian menjadi tidak ada, baik terjadi sebagian atau keseluruhan (Lambert dan Lambert,1985,h.35). Kehilangan merupakan pengalaman yang pernah dialami oleh setiap individu dalam rentang kehidupannya. Sejak lahir individu sudah mengalami kehilangan dan cenderung akan mengalaminya kembali walaupun dalam bentuk yang berbeda.

Terlepas dari penyebab kehilangan yang dialami setiap individu akan berespon terhadap situasi kehilangan, respon terakhir terhadap kehilangan sangat dipengaruhi oleh kehilangan sebelumnya.

Elizabeth Kubler-rose,1969.h.51, membagi respon berduka dalam lima fase, yaitu : pengikaran, marah, tawar-menawar, depresi dan penerimaan.

Rentang Respon Kehilangan

1. Fase Pengingkaran

Reaksi pertama individu yang mengalami kehilangan adalah syok, tidak percaya atau mengingkari kenyataan bahwa kehidupan itu memang benar terjadi, dengan mengatakan “ Tidak, saya tidak percaya itu terjadi “ atau “ itu tidak mungkin terjadi “. Bagi individu atau keluarga yang didiagnosa dengan penyakit terminal, akan terus mencari informasi tambahan.

Reaksi fisik yang terjadi pada fase ini adalah : letih, lemah, pucat, diare, gangguan pernafasan, detak jantung cepat, menangis, gelisah, dan tidak tahu harus berbuat apa. Reaksi ini dapat berakhir dalam beberapa menit atau beberapa tahun.

2. Fase Marah

Fase ini dimulai dengan timbulnya suatu kesadaran akan kenyataan terjadinya kehilangan Individu menunjukkan rasa marah yang meningkat yang sering diproyeksikan kepada orang lain atau pada dirinya sendiri. Tidak jarang ia menunjukkan perilaku agresif, berbicara kasar, menolak pengobatan, menuduh dokter-perawat yang tidak pecus. Respon fisik yang sering terjadi antara lain muka merah, nadi cepat, gelisah, susah tidur, tangan mengepal.

3. Fase Tawar-menawar

Individu telah mampu mengungkapkan rasa marahnya secara intensif, maka ia akan maju ke fase tawar-menawar dengan memohon kemurahan pada Tuhan. Respon ini sering dinyatakan dengan kata-kata “ kalau saja kejadian ini bisa ditunda, maka saya akan sering berdoa “. Apabila proses ini oleh keluarga maka pernyataan yang sering keluar adalah “ kalau saja yang sakit, bukan anak saya”.

4. Fase Depresi

Individu pada fase ini sering menunjukkan sikap menarik diri, kadang sebagai pasien sangat penurut, tidak mau bicara, menyatakan keputusasaan, perasaan tidak berharga, ada keinginan bunuh diri, dsb. Gejala fisik yang ditunjukkan antara lain : menolak makan, susah tidur, letih, dorongan libido manurun.

5. Fase Penerimaan

Fase ini berkaitan dengan reorganisasi perasaan kehilangan. Pikiran yang selalu berpusat kepada obyek atau orang yang hilang akan mulai berkurang atau hilang. Individu telah menerima kehilangan yang dialaminya. Gambaran tentang obyek atau orang yang hilang mulai dilepaskan dan secara bertahap perhatiannya akan beralih kepada obyek yang baru. Fase ini biasanya dinyatakan dengan “ saya betul-betul kehilangan baju saya tapi baju yang ini tampak manis “ atau “apa yang dapat saya lakukan agar cepat sembuh”.

Apabila individu dapat memulai fase ini dan menerima dengan perasaan damai, maka dia akan mengakhiri proses berduka serta mengatasi perasaan kehilangannya dengan tuntas. Tetapi bila tidak dapat menerima fase ini maka ia akan mempengaruhi kemampuannya dalam mengatasi perasaan kehilangan selanjutnya.

Diagnosa keperawatan
  1. Isolasi sosial : menarik diri berhubungan dengan harga diri rendah / kronis.
  2. Gangguan konsep diri : harga diri rendah kronis berhubungan dengan koping individu tak efektif sekunder terhadap respon kehilangan pasangan.
  3. Defisit perawatan diri berhubungan dengan intoleransi aktivitas.
Intervensi Keperawatan

1. Diagnosa keperawatan : Isolasi sosial : menarik diri berhubungan dengan harga diri rendah : kronis

Tujuan Umum : 
  • Klien dapat berinteraksi dengan orang lain.
Tujuan Khusus :
  • Klien dapat membina hubungan saling perbaya dengan perawat.
  • Klien dapat memahami penyebab dari harga diri : rendah.
  • Klien menyadari aspek positif dan negatif dari dirinya.
  • Klien dapat mengekspresikan perasaan dengan tepat, jujur dan terbuka.
  • Klien mampu mengontrol tingkah laku dan menunjukkan perbaikan komunikasi dengan orang lain.
Intervensi :
  • Bina hubungan saling percaya dengan klien. R/ Rasa percaya merupakan dasar dari hubungan terapeutik yang mendukung dalam mengatasi perasaannya.
  • Berikan motivasi klien untuk mendiskusikan pikiran dan perasaannya. R/ Motivasi meningkatkan keterbukaan klien.
  • Jelaskan penyebab dari harga diri yang rendah. R/ Dengan mengetahui penyebab diharapkan klien dapat beradaptasi dengan perasaannya.
  • Dengarkan klien dengan penuh empati, beri respon dan tidak menghakimi. R/ Empati dapat diartikan sebagai rasa peduli terhadap perawatan klien, tetapi tidak terlibat secara emosi.
  • Berikan motivasi klien untuk menyadari aspek positif dan negatif dari dirinya. R/ Meningkatkan harga diri.
  • Beri dukungan, Support dan pujian setelah klien mampu melakukan aktivitasnya. R/ Pujian membuat klien berusaha lebih keras lagi.
  • Ikut sertakan klien dengan aktifitas yang R/. Mengikut sertakan klien dalam aktivitas sehari-hari yang dapat meningkatkan harga diri klien.
2. Gangguan konsep diri; harga diri rendah berhubungan dengan koping individu tak efektif sekunder terhadap respon kehilangan pasangan.

Tujuan :
  • Klien merasa harga dirinya naik.
  • Klien mengunakan koping yang adaptif.
  • Klien menyadari dapat mengontrol perasaannya.
Intervensi :

1. Merespon kesadaran diri dengan cara :
  • Membina hubungan saling percaya dan keterbukaan.
  • Bekerja dengan klien pada tingkat kekuatan ego yang dimilikinya.
  • Memaksimalkan partisipasi klien dalam hubungan terapeutik.
R/. Kesadaran diri sangat diperlukan dalam membina hubungan terapeutik perawat – klien.

2. Menyelidiki diri dengan cara :
  • Membantu klien menerima perasaan dan pikirannya.
  • Membantu klien menjelaskan konsep dirinya dan hubungannya dengan orang lain melalui keterbukaan.
  • Berespon secara empati dan menekankan bahwa kekuatan untuk berubah ada pada klien.
R/. klien yang dapat memahami perasaannya memudahkan dalam penerimaan terhadap dirinya sendiri.

3. Mengevaluasi diri dengan cara :
  • Membantu klien menerima perasaan dan pikiran.
  • Mengeksplorasi respon koping adaptif dan mal adaptif terhadap masalahnya.
R/. Respon koping adaptif sangat dibutuhkan dalam penyelesaian masalah secara konstruktif.

4. Membuat perencanaan yang realistik.
  • Membantu klien mengidentifikasi alternatif pemecahan masalah.
  • Membantu klien menkonseptualisasikan tujuan yang realistik.
R/. Klien membutuhkan bantuan perawat untuk mengatasi permasalahannya dengan cara menentukan perencanaan yang realistik.

5. Bertanggung jawab dalam bertindak.
  • Membantu klien untuk melakukan tindakan yang penting untuk merubah respon maladaptif dan mempertahankan respon koping yang adaptif.
R/. Penggunaan koping yang adaptif membantu dalam proses penyelesaian masalah klien.

6. Mengobservasi tingkat depresi.
  • Mengamati perilaku klien.
  • Bersama klien membahas perasaannya.
R/. Dengan mengobservasi tingkat depresi maka rencana perawatan selanjutnya disusun dengan tepat.

7. Membantu klien mengurangi rasa bersalah.
  • Menghargai perasaan klien.
  • Mengidentifikasi dukungan yang positif dengan mengaitkan terhadap kenyataan.
  • Memberikan kesempatan untuk menangis dan mengungkapkan perasaannya.
  • Bersama klien membahas pikiran yang selalu timbul.
R/. Individu dalam keadaan berduka sering mempertahankan perasaan bersalahnya terhadap orang yang hilang.

3. Defisit perawatan diri berhubungan dengan intolenransi aktivitas.

Tujuan Umum :
  • Klien mampu melakukan perawatan diri secara optimal.
Tujuan khusus :
  • Klien dapat mandi sendiri tanpa paksaan.
  • Klien dapat berpakaian sendiri dengan rapi dan bersih.
  • Klien dapat menyikat giginya sendiri dengan bersih.
  • Klien dapat merawat kukunya sendiri.
Intervensi :
  • Libatkan klien untuk makan bersama diruang makan. R/. Sosialisasi bagi klien sangat diperlukan dalam proses menyembuhkannya.
  • Menganjurkan klien untuk mandi. R/. Pengertian yang baik dapat membantu klien dapat mengerti dan diharapkan dapat melakukan sendiri.
  • Menganjurkan pasien untuk mencuci baju. R/. Diharapkan klien mandiri.
  • Membantu dan menganjurkan klien untuk menghias diri. R/. Diharapkan klien mandiri.
  • Membantu klien untuk merawat rambut dan gigi. R/. Diharapkan klien mandiri


setelah di baca, jangan lupa di share yah biar semua tau tentang informasinya...terimakasih!!


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Blog Ini Dofollow
Dilarang SPAM dan Menyisipkan Link Aktif di dalam komentar
Komentar yang tidak sesuai dengan isi postingan, tidak akan di publish!!

free web site traffic and promotion
 
© Copyright 2010. yoedhasflyingdutchman . All rights reserved | yoedhasflyingdutchman is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com