Dapatkan Mata Sehat dengan Konsumsi Buah

| | 1 comments


Mata indah bola pimpong, lirik lagu dari Iwan Fals, bukan bermakna matanya sebesar bola pimpong. Tapi, lebih menuju kepada ciri khas mata yang sehat dengan sinar mata yang terang. Ternyata, merawat mata itu tidaklah terlalu sulit, cukup dengan makan buah pisang dan jeruk. Maka, mata akan menjadi sehat.

Tentunya, saran itu berlaku bagi mereka yang masih mempunyai mata sehat tapi malas merawatnya. Bagi yang sudah mempunyai penyakit seperti katarak, minus dan lain sebagainya,saran tersebut tidak berlaku lagi dan mereka harus rajin berkonsultasi dengan dokter spesialis mata yang biayanya cukup aduhai.

Banyak makan buah, khususnya pisang dan jeruk, karena hal itu akan membuat mata terlindung dari sejumlah penyakit yang biasa menyerang mata. Saran itu disampaikan oleh Dr Eunyoung Cho dari dari The Brigham and Women's Hospital, Boston (AS) setelah melakukan studi atas 118.000 orang yang berusia 12 hingga 18 tahun.

Selama penelitian, tim studi itu mencatat bahwa kurang mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya akan berdampak pada kurangnya sensitifitas pada sinar mata yang disebut retina dan cenderung mengakibatkan Maculopathy atau macular degeneration, merupakan penyebab kebutaan pada para manula diatas usia 65 tahun.

Riset sebelumnya menunjukkan bahwa vitamin yang mengandung antioxidant dan sejumlah mineral suplemen yang berisi vitamin C dan E, beta carotene dan senyawa seng mampu memperlambat proses terjadinya Maculopathy itu.

Kali ini riset yang dilakukan oleh the Brigham and Women Hospital memusatkan perhatian pada berapa besar jumlah buah-buahan, sayuran atau vitamin yang dikonsumsi untuk mengurangi resiko terjadi penyakit Maculopathy ini. Sukarelawan terdiri dari 77,562 wanita yang tergabung dalam the Nurses's Health Study dan 40,866 pria.


Semua sukarelawan itu setidaknya sudah berusia 50 tahun ketika studi dilakukan dan ketika awal studi dimulai tidak ada peserta yang terindikasi mengalami penyakit ini. Sukarelawan wanita akan terus dipantau selama 18 tahun sementara untuk prianya selama 12 tahun.

Kepada para wanita diminta untuk menjawab dan melengkapi sebuah kuesioner mengenai diet yang mereka lakukan pada periode 1980, 1984, 1986, 1990 dan 1994. Sementara untuk pria harus menjawab tiga kali periode masing-masing 1986, 1990, dan 1994. Kepada seluruh sukarelawan juga diminta untuk melaporkan jenis vitamin atau suplemen yang dikonsumsi setiap dua tahun sekali.

Setelah studi berjalan sekitar 329 wanita dan 135 pria terdiagnosa mengalami gejala awal penyakit ini dan 217 wanita dan 99 pria dipastikan mengalami neovascular, tipe lain dari kondisi penyakit mata. Dengan mengkonsumsi tiga atau lebih buah-buahah setiap harinya ternyata secara signifikan mampu mengurangi resiko terkena penyakit neovascular. Sementara mengkonsumsi sayuran tidak menunjukkan hasil yang menguntungkan.

Pisang dan jeruk disebut-sebut sebagai buah-buahan yang memiliki keuntungan besar melindungi mata dari penyakit ini. Meski demikian tingkat antioxidan pada vitamin seperti warna buah-buahan atau sayuran merah, kuning atau orange tidak memiliki kaitan langsung dengan resiko penyakit ini.

Di Indonesia, pisang dan jeruk termasuk buah yang murah dan mudah didapat. Membiasakan diri dan keluarga untuk mengkomsumsi buah setiap harinya, selain bermanfaat untuk mata, juga berguna untuk dietary atau diet tubuh baik karena suatu penyakit atau sekadar ingin melansingkan tubuh. Karena itu, tidak ada salahnya untuk memulainya dari sekarang. (to/ht/kpl/eramuslim)


setelah di baca, jangan lupa di share yah biar semua tau tentang informasinya...terimakasih!!


1 comments:

dimdroid said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
salam kenal yaa.. :)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Blog Ini Dofollow
Dilarang SPAM dan Menyisipkan Link Aktif di dalam komentar
Komentar yang tidak sesuai dengan isi postingan, tidak akan di publish!!

 
© Copyright 2010. yoedhasflyingdutchman . All rights reserved | yoedhasflyingdutchman is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com