Rokok Undang Kanker Masuk ke Tubuh

| | 3 comments


Tahukah anda, ketika anda sedang merokok, berarti anda tengah mengisap 4000 jenis kimia ke dalam tubuh. Bayangkan, bila salah satu dari kimia tersebut adalah asap yang keluar dari knalpot mobil atau motor. Lalu, anda hirup, apa yang anda rasakan?

Merokok tidak indentik dengan kejantanan seperti yang selalu digembar-gemborkan oleh sebuah perusahaan rokok kretek. Keduanya sama sekali tidak ada hubungannya. Tapi, mitos yang keliru itu ternyata sudah membudaya, terutama di kalangan remaja.

Sejatinya, rokok itu tidak mempunyai manfaat sama sekali. Dari 4000 jenis kimia, lebih 40 jenis di antaranya bersifat karsinogenik, yang bisa menyumbang penyakit seperti darah tinggi, serangan jantung, penyakit paru kronik obstruktif, keropos tulang dan disfungsi ereksi.

Merokok telah diimpikasikan sebagai penyebab timbulnya keganasan kanker paru. Sekitar 70 persen kasus kanker paru yang baru menunjukkan adanya keterkaitan antara kebiasaan merokok. WHO - Organisasi Kesehatan Dunia - memperkirakan sekitar 3,5 juta kematian per tahun atau secara kasar 10.000 kematian per hari disebabkan rokok.

Jika anda masih tetap merokok, berarti anda sedang dalam antrian menanti ajal seperti yang diprediksikan WHO tersebut. Terlepas kematian adalah takdir Tuhan, merokok, berarti anda berandai-andai menjemput takdir Tuhan dengan sukacita. Walau, sebenarnya, anda, secara sadar menanti datangnya maut itu dengan merusak diri sendiri.

Jauhilah merokok. Karena, merokok sesungguhnya sangat mengurangi persediaan oksigen untuk sampai ke jantung. Setiap kali seseorang menghirup satu dosis nikotin ke dalam tubuh, satu dosis nikotin sama dengan satu hisap rokok. Maka, ia akan mengalami peningkatan tekanan darah, peningkatan denyut jantung dan peningkatan alirah darah ke jantung sesaat.

Saat itu terjadi, saat itu juga nikotin mempersempit pembuluh darah arteri, yang menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dan lebih cepat untuk memompa darah. Di saat itu juga, anda, berarti mendapatkan risiko terserang penyakit jantung dua kali dari orang yang tidak merokok. Dan, meningkatkan risiko empat kalinya terserang serangan jantung yang fatal dibandingkan orang yang tidak merokok.

Merokok juga menurunkan kadar kolesterol yang baik (HDL). Jadi, apabila kadar HDL anda memang sudah rendah, ditambah lagi dengan merokok, maka, risiko terserang penyakit  jantung menjadi berlipat ganda.

Penelitian yang telah dilakukan berpuluh-puluh tahun lamanya, membuktikan bahwa ada hubungan yang kuat antara merokok dan kanker serta penyakit paru kronik menahun. Ada beberapa tipe kanker yang meningkat risikonya jika seseorang merokok, yaitu kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, kanker mulut, kanker pita suara, kanker kandung kencing, kanker kandung kemih, kanker ginjal dan kanker pankreas. Yang paling sering adalah kanker paru-paru.

Kanker paru, faktanya adalah setengah dari kanker paru-paru terjadi pada pria. Kanker paru adalah penyakit yang sering terjadi di Amerika. Gejalanya, adalah batuk-batuk yang tiddak bisa diobati oleh obat-obatan, sakit dada, bahu, dan punggung yang sakit terus menerus, sesak nafas, radang paru atau bronkhitis yang berulang, batuk berdarah dan pembengkakan di leher dan wajah.

Risiko meningkatnya kanker dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) pada perokok adalah karena paparan yang lama terbiasa dengan asap rokok. Jadi, ini berarti juga berlaku bagi perokok pasif. Risiko diukur dari berapa banyak batang rokok yang dihisap setiap harinya.

Apabila anda merokok, ingatlah bahwa anda bukan saja merugikan diri sendiri, tetapi juga merugikan orang-orang lain yang tidak bersalah di sekeliling anda. Berarti, anda telah mendzalimi orang lain. (to/mh/eramuslim)


setelah di baca, jangan lupa di share yah biar semua tau tentang informasinya...terimakasih!!


3 comments:

Sambal Khusus Ikan Goreng atau Bakar, Canit Sambal said...

Artikelnya bagus sekali mas :)

Joesafira said...

:)] Nice post .. makasih infonya ..

obat kanker paru paru said...

rokok merupakan penyebab utama timbulnya kanker paru paru

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Blog Ini Dofollow
Dilarang SPAM dan Menyisipkan Link Aktif di dalam komentar
Komentar yang tidak sesuai dengan isi postingan, tidak akan di publish!!

 
© Copyright 2010. yoedhasflyingdutchman . All rights reserved | yoedhasflyingdutchman is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com